Saturday, February 16, 2013

HELLO SINGAPORE

Singapura, sebuah negara mungil yg segalanya serba teratur. Tadinya gw kira negara ini isinya bangunan semua, ga ada obyek wisata alamnya. Lagian, ga ada film atau buku yg bikin gw tertarik buat ke sini. Belom lagi semuanya serba mahal. Tapi emang letaknya yg deket sama Indo bikin tiketnya jd murah, dan ga perlu visa. Kalo ditanya negara mana yg plg memungkinkan buat bawa mami keluar negeri pertama kali, emg Singapura jawabannya. Kedua, Hongkong. Ketiga, China. Soalnya kultur Chinese itu yg bs dimengerti dan dinikmati sama mami. 


Kenapa akhirnya buat perjalanan perdana gw pilih Singapura? Karena tiket buat berdua murah bgt. Gw beli pas AirAsia promo di bulan Mei 2012 buat berangkat Februari 2013, 1,3 juta PP berdua. Selain itu, di Singapura ada byk sodara yg mami dah lama ga ketemu. Ada tantenya mami yg udah 80 tahun, yg masih sgt seger dan sering telpon Indo buat tny kabar. Nah mami dulu pernah ke Singapura 38 tahun yg lalu pas masih belom nikah, dy cukup deket sama tantenya. Trs dy jg udah selama itu ga ketemu sm anak-anak si tante alias sepupu-sepupunya. Jadi sekalian traveling sekalian bawa mami reuni.

Setelah beli tiket, kita bikin paspor deh, ngurus sendiri, online. Murah lho cuma Rp. 255.000,-. Pas telpon kabarin tantenya klo kita mo kesana, tantenya suruh nginep di rumah dy. Oke, jadi gw bisa ngirit hotel. Hehe. Gw pikir jg, klo tinggal sama dy, ada byk waktu buat ngobrol. Secara, entah kapan mereka bisa saling ketemu lg. Terus pada saat itu juga gw baru ngeh kalo kita disana pas Chinese New Year! Woohoo so exciting! Secara disini kan sepi ya klo Xin Jia, pengen banget ngerasain disana kaya gimana.


Selama masa-masa itu, itinerary belom gw susun sama sekali. Gw asik nyusun itinerary Thailand soalnya dia kan bukan English-speaking country, trs kita traveling 3 daerah, jd gw persiapin lebih mateng. Begitu udah dua minggu sebelum keberangkatan SG, gw malah lg sibuk-sibuknya di kantor haha. Panik dah gw, soalnya walopun SG kecil, lumayan bingung jg ngatur itinerary-nya. Musti bener-bener pelajarin peta biar bs efisien waktunya. Pas temen kantor gw tau gw bakal pergi 9 hari, dy blg "Bisa abis 10 juta kamu, disana kan mahal. Lagian mau kemana, disana lebih kecil daripada Jakarta!" Hahaha. Percaya ga, pas susun itinerary gw bingung krn malah waktunya ga cukup buat datengin semua yg gw mau. Haha.

Lalu terjadilah banjir besar di Jakarta tgl 17 Januari. Karena ga bisa ngantor, setelah bantu mami angkat-angkat barang di lantai 1, gw punya waktu buat mantepin final itinerary & budget. Di perhitungan gw itu, estimasi biaya buat berdua selama 9 hari adalah 8 juta rupiah (padahal udah minus hotel, mahal bgt ya). Selanjutnya semua rincian biaya akan gw tulis di sini buat jd referensi.

Lalu hari keberangkatan pun tiba. Semua packing dilakukan oleh mami, haha. Gw saking sibuknya ga sempet packing sampe hari terakhir, eh tau-tau udah kelar. Gw juga lupa ngeprint boarding pass buat pulang. Cuma print yg berangkat. Akhirnya jam 10 pagi ujan-ujan gw ke warnet terdekat, dan udah tutup karena bangkrut. Jd gw jalan jauh buat cari warnet, thank God akhirnya nemu juga.

Jam setengah 3 kita naik Damri dr Mangga Dua Square ke airport, berdua Rp. 50.000,-. Jam 3 berangkat, cuaca cerah ceria seperti yg telah didoakan, jam setengah 4 kita udah nyampe Terminal 3. Karena ga ada bagasi, lgsg naik ke atas. Makan rawon seporsi berdua Rp. 44.000,-. Trs 17.20 boarding, 17.40 take off. Ga delay sama sekali. Di jadwal mestinya nyampe 20.25 (GMT+8), tapi kita jam 8 udah landing. Haha.

Nah AirAsia kan di Terminal 1, sedangkan MRT adanya di Terminal 2 dan 3. Jd kita hrs naik SkyTrain (gratis dan cepat). Trs beli tiket MRT sekali jalan ke Tiong Bahru. Sebelom berangkat gw udah diajarin dulu cara beli tiket sm temen kantor gw. Padahal gw jg ga kepikiran dan ga nanya. Dy yg blg, "Lu udah tau belom cr beli tiket? Sini gw ajarin." Haha. Belajarnya dari Google. Ternyata emang berguna banget klo kita belajar dulu. Disana jarang ada petugas, apalagi udah malem. Waktu itu sih gw ada 1 orang yg jaga, tp yg mo tanya banyak. Klo kita udah bisa, kita jg ga bikin lama antrian. Hehe.

Trs gw jg udah dapet wejangan nih dr temen kantor gw, "Lu tar klo naik MRT, lu hrs turun di Tanah Merah ya. Klo lu ga turun, lu bakal balik lagi ke Changi." Oke, gw sudah camkan itu. Eh pas naik, bener gw turun, eh bukan di Tanah Merah malah di Expo, kecepetan 1 halte! Pantesan kok ga ada yg turun. Dan gw belom sadar. Gw naik lagi donk ke arah Tiong Bahru. Eh kok baru 1 halte orang-orang pada turun. Untung gw ikut turun, ternyata itu baru Tanah Merah. Haha. Si Mami ampe bingung, kok kita naik turun naik turun terus. Nah krn baru pertama kali ke sana, dr Tiong Bahru kita naik taksi. Sekali naik 3,2$ (currency rate Rp. 7.900,-) terus krn udah malem ada extra fee pulak. Jd total nyampe di tujuan jadi 7,2$! Padahal deket bgt loh ky Binus ke TA. Hehe.

Lalu kita nyampe, dari sini, tantenya mami bakal gw sebut Ipo. Anaknya yg cowok (sepupu mami tapi dia jg ga inget mami soalnya pas mami ke SG dulu, dia masih kecil) gw sebut Om ya. Trs mandi, ngobrol-ngobrol, terus tidur. Selanjutnya akan diceritakan per-hari.

Day 1 - Sunday - Merlion, Esplanade, Suntec City, Marina Bay Sands, Garden by the Bay
Day 2 - Monday - Orchard Road, Singapore Botanic Garden, Mount Faber Park
Day 3 - Tuesday - Universal Studio 
Day 4 - Wednesday - Little India, Bugis, Geylang, Chinatown
Day 5 - Thursday - Singapore Zoo
Day 6 - Friday - Jurong Bird Park
Day 7 - Saturday - Celebrating Chinese New Year's Eve
Day 8 - Sunday - Sentosa Island - Spring Flower Festival

No comments:

Post a Comment