Thursday, March 07, 2013

SAWASDEE KA THAILAND




Prolog: 

Bulan Mei 2012, lagi promo tiket AirAsia yang gw beli buat ke SG itu. Sebelum itu gw sama Kebo udah pengen ke Korea. Kita udah ngobrol-ngobrol dan cari info buat berangkat taon depan (karena cuti gw 2012 kan udah gw abisin di bulan Februari buat ke Bali sama dia juga haha). Nah saat ada promo itu, kita bahas donk mo kemana nih. Kita sepakat ga bisa ke Korea karena gw cuma free di 2013 tuh bulan Februari (antisipasi klo beasiswanya dapet, Januari wawancara, Maret training). Februari itu di Korea lagi winter. Gw pengennya ke Korea itu musim semi ato gugur. Lalu kita mikir apa ke Hong Kong aja. Eh begitu ditotal-total, jadinya 3 juta PP. Gw ngerasa sayang, klo 2 juta gw mau deh. Haha. Akhirnya batal lagi. Kita mikir, ya udah deh ga usah kemana-mana dulu nanti aja langsung ke Korea. 

Tengah malem, Kebo BBM gw. Kaya gini bunyinya: “Som, kita ke Thailand aja yuk. Gw bener-bener ga tahan nih liat promonya. Tangan gw gatel banget pengen beli tiket.” Lalu karena gw udah tidur, dia PING! PING! Hahaha. Pagi-pagi bangun, baca serentetan BBM betapa “gatelnya” doi. Ya udah gw setuju, Thailand juga oke, gw juga pengen ke Thailand sih. Maka gw belilah tiketnya di kantor. 

Buat gw: Jakarta – Phuket Rp. 350.000,-
Buat Kebo: Surabaya – KL – Phuket Rp. 600.000,- 

Tanggal 20 Februari 2013, sampe Phuketnya sama-sama malem, dia jam 7 gw jam 8. 

Lalu pulangnya, Kebo kan harus ke KL lagi karena ga ada direct flight. Nah klo ga salah gw ga ada Phuket – Jakarta yang jam 8 pagi. Adanya yg hari sebelumnya ato malem gitu lupa gw. Kan ga enak seharian sendirian gitu kan, jadi gw beli Phuket – KL – Jakarta biar bisa sama-sama jam 8 pagi terbang ke KL, lalu main seharian, malemnya Kebo jam 10.00 gw jam 10.15 balik ke habitat masing-masing. Harga tiketnya juga sama apakah gw direct ato enggak. Paling cuma nambah bayar bagasi sekali. 

Jadi buat pulang kena Rp. 800.000,- 

Total tiket pesawat gw PP Rp. 1.150.000,- 

Lalu kita menghela napas sejenak dan merasa tenang udah dapet tiket. 


Beberapa hari kemudian. 

Gw mulai browsing segala informasi tentang Thailand buat bikin itinerary, termasuk baca peta. 

Dari sanalah gw baru menyadari bahwa: 

KENAPA GW BELI PULANG PERGI PHUKET SEMUA? 
KENAPA GA PULANG DARI BANGKOK????? 

HAHAHAHA. 

Gara-gara ga baca peta sebelum beli tiket nih! Gw (dan Kebo) kira Phuket – Bangkok itu jaraknya deket, kaya Jakarta – Bandung gitu. Dan pas dulu kita cek tiket Bangkok emang mahal, jadi kita beli aja Phuket. Ternyata, jaraknya kalo pake bus malam itu, 12 jam kaya perjalanan kereta Jakarta – Surabaya. Hahaha. JAUH BO! Buang-buang waktu, tenaga, dan duit juga buat bayar bus-nya. Masa gw main di Phuket, terus berangkat ke Bangkok semaleman, terus balik lagi ke Phuket semaleman, cuma buat terbang ke Malaysia yang jaraknya secuprit doank. Agak tidak cerdas memang. Hahaha. 

Tapi karena pup Dogai sudah terlanjur menjadi lembek, apa boleh buat, tiket udah dibeli, jadi mari belajar dari kesalahan, dan melanjutkan hidup. 

Proses nyusun itinerary juga lumayan ribet. Tau kan, keinginan mengunjungi banyak tempat tapi terkendala waktu, biaya, dan sebagainya. Jadi awalnya tuh kita pengen ke Phuket, Bangkok, Pattaya, Krabi, Koh Samui. Setelah ngabisin seharian buat browsing, ternyata ga memungkinkan karena kita cuma punya 6 hari. Di Phuket sendiri kita udah pasti ngabisin 2 hari full buat Phi-Phi Island sama James Bond Island. Nah, jadi Krabi sama Koh Samui kita coret. 

Gw bener-bener ngabisin banyak banget waktu buat ngatur perjalanan ini, pertama riset hotel. Pengennya yang murah, tapi bersih, aman, nyaman. Dan itu susah. Gw harus baca review orang-orang dari satu hotel ke hotel lainnya, cari mana yang reviewnya bagus dan masuk budget. Terus gw dapetlah hostel. Lalu makan waktu juga meyakinkan Kebo supaya mau tidur di hostel, karena dia ga terbiasa share kamar sama orang (gw juga sih, ga pernah, tapi pengen coba). Setelah gw yakinkan tentang reviewnya dan gw kasih liat foto kamar (di bawah ranjang ada loker) dan foto kamar mandi yang bersih, dia bersedia. Hostelnya nomor 1 di Phuket Town, namanya Ananas Phuket Hostel. Semalem seranjang kena 350 baht (1 baht = Rp.328,- pas gw nuker di awal taon 2013). 

Lalu hotel di Pattaya, gw baca review lagi dan diskusi sama Kebo. Gw udah bilang klo mo yang murah, jangan harap dapet yang mewah haha. Apalagi mo cari lokasi strategis kan. Lalu kita dapet hotel bintang 3 yang reviewnya lumayan, dapet breakfast dan deket pantai. Seorang kena 450 baht. Buat di Bangkok, si Kebo bilang gini, “Eh cari hotelnya yang bagusan donk, masa nginep di hotel jelek terus, tar ga bisa foto.” Hahaha. Ya udah, gw cariin hotel di daerah Pratunam, karena dia mau buffet di Baiyoke Sky, jadi ga bisa jauh-jauh. Hotelnya tinggal jalan ke Baiyoke, agak mahal, semalem seorang kena 600 baht. Gpp agak mahal soalnya semalem. Klo di Phuket kan 3 malem, jadi harus cari yang murah. 

Akhir 2012, Bella dan 2 orang temennya cowok (salah satunya temennya Kebo juga) mau ikut. Jadi kita berlima. Lalu gw pesen tour buat Phi-Phi sama James Bond itu, satu orang untuk 2 hari tour kena 2500 baht. Lumayan murah nih dibandingin sama yang lain, terus gw nawar di email minta dimurahin soalnya kita backpacker. Wakakak. Setelah gw itungin budgetnya, sekitar 8000 baht lah abisnya di sana, belanja gw budgetin 5000 baht, jadi total bawa duit paling ga 13.000 baht. Kan tiket, 50% hotel, sama DP 50% tour udah dibayar di sini. 

Akhirnya harinya datang juga. Gw udah pinjem topi pantai-nya Mbak Cilla sama kacamata item-nya Mbak Risa. Haha ga modal banget ya. Abis itu kan pakenya jarang-jarang, sayang gw belinya. Terus gw cuti setengah hari, jadi dari kantor jam 12.30 gw ke Blok M naik Damri. Eh nyampe Soetta jam setengah 2. Gw adalah tipe orang yang paling males nyampe bandara kelamaan, malah gw berencana jam 3 jalan dari kantor sebenernya biar ga usah cuti haha. Pesawat gw 17.20. Tapi temen-temen kantor bilang itu berbahaya, kan jalanan Jakarta tau sendiri kaya gimana. Jadi ya udah, maka begitulah gw bengong di bandara. Bella, Hamid, Yonathan, juga berangkat dari Jakarta. Jadi kita ketemu disana. Lalu kita nunggu sampe 17.20 dan terbanglah ke Phuket! 

Perjalanan cukup bergoncang saudara-saudara, gw sempet serem pas pesawatnya bener-bener naik turun gara-gara cuaca jelek. Syukurlah jam 8 malem kami sampai di Phuket International Airport dengan selamat. Ketemu Kebo dan menjerit-jerit kegirangan. Gw juga udah book minivan taxi yang bakal anter dari bandara ke Phuket Town. Karena udah malem jadi airport bus udah ga ada. Penginapan tawarin jemput, klo berlima gw itung abis 1400 baht. Kalo taksi biasa itu 470 baht. Karena kita berlima jadi harus dua taksi = 940 baht. Dijejelin dalam 1 taksi ga bisa, melawan hukum katanya. Terus ditawarin taksi minivan itu 740 baht. Hehe, karena itu yang paling murah jadi gw ambil deh. Soalnya airport ke kota atau pantainya itu jauh banget emang. Ini kontaknya kalo butuh: Mr. Prasat – www.phuket-taxi-meter.com

Lalu nyampe hostel, sekitar setengah 10, kita cek in deh di hostelnya. Bersih dan nyaman seperti di foto. Di dalem kamar kita ada 4 ranjang. Yang 1 ditempatin cewek Kanada namanya Jill. Terus kita keluar cari makan kan, yang deket-deket aja. Kita ketemu tempat makan agak gede gitu, dan Kebo tanya ini makanan apa, pake bahasa Inggris. Suami istri kan ga ngerti, dipanggil anaknya. Kita pikir dipanggil anaknya karena ngerti bahasa Inggris, ternyata anaknya ga ngerti juga hahahaha. Ngakak. Akhirnya kita ga jadi makan disana, soalnya kita ga ngerti cara pesennya, kayanya dia sistemnya kaya Padang. Terus kita nemu 1 tempat yang penjualnya pas ditanyain “What’s this?” dia bisa jawab, “pork, chicken” walau mikir dulu. Ya udah kita makan disana. Harganya 40 baht. Terus dia juga tanya-tanya kita dari mana, dll. Lumayan lah inggrisnya haha. Lalu kita balik hostel dan tidur soalnya besok harus bangun pagi. Cerita selanjutnya hari per hari ya. Akan ditulis semua pengeluaran rinci buat jadi referensi. 

Day 1 – Phi Phi Island Tour (Khai Island, Phi Phi, Maya Bay) 
Day 2 – Phang Nga Bay Tour (James Bond, Hong, and Panak Island) 
Day 4 – Pattaya (Sriracha Tiger Zoo, Pattaya Beach) 
Day 5 – Bangkok Shopping (MBK, Platinum, Baiyoke) 
Day 6 – Bangkok Exploring (Grand Palace, Khaosan Road) 
Day 7 – Kuala Lumpur (Chinatown, Lapangan Merdeka, Petronas)


No comments:

Post a Comment