Sunday, April 21, 2013

DAY 7 MALAYSIA: KUALA LUMPUR

Seperti yang udah gw ceritakan alasannya di Sawasdee Ka Thailand, di hari ke-7 sebelum pulang ke Indonesia, kita mampir KL sehari. Jam 8 pesawat terbang dari Phuket dan jam 10 sampe di KL, karena 1 jam lebih cepet. Terus kita cari tempat penitipan bagasi kan, ada tuh di airport. Coba tebak harganya berapa? Antara 30-50 RM, tergantung beratnya! 1 RM = Rp. 3.200,- dan koper standard itu biayanya 40 RM. Jadi nitip sehari aja bayarnya hampir seratus ribu! Nyesek? Banget! Tapi terpaksa! Ih, gw kapok deh nitip koper di KL lagi, beda jauh sama di Bangkok yang cuma 60 baht!

Lalu setelah beres meninggalkan koper, kita mulai bertualang! Kebo udah beberapa kali kesini jadi dy udah lumayan ngerti. Kita naik fast train dari airport ke KL Sentral, 12 RM klo ga salah, terus dari KL Sentral bisa naik LRT ke Bukit Bintang. Kebo kan ngajak gw makan di Sungei Wang, gw kira kita bener-bener kuliner di pinggir sungai loh. Eh ternyata itu kaya ITC gitu haha.

gw lupa namanya apa, tapi enak. 5 RM harganya.
Dari sana, kita lanjut naik GO KL, bus gratis buat keliling KL. Ada warna-warna jalurnya kaya busway gitu, tapi ga ada jalannya sendiri, dy persis kaya bus di SG, warnanya ungu. Jadi klo mo ke Petronas naik yang warna ijo, terus klo mo ke Chinatown naik warna ungu, klo ga salah ya gw juga lupa-lupa inget haha.

Pertama kita ke Petaling Street dulu buat beli oleh-oleh. Terus Kebo kan pernah liat temennya foto di tulisan I LOVE KL gitu kan. Dy pengen kesitu. Kita tanya sama orang-orang, tapi mereka mikirnya kita cari kaos yang tulisan I LOVE KL hahaha. Itu mah di Petaling banyak. Kita udah sebut Kuala Lumpur City Gallery, mereka ga tau juga. Ada 2 orang yang tau tapi arah yang ditunjuk beda, satu ke kiri satu ke kanan. Haha. Akhirnya kita jalan terus, sampe nyasar di terminal bus antah berantah, terus jalan lagi lewat Pasar Seni, sampe akhirnya ketemu! Wah, seneng banget tuh, udah jalan jauh akhirnya nemu juga.

Tempatnya lucu deh, di dalemnya banyak replika-replika bangunan di KL terus ada penjelasannya gitu. Terus ternyata itu deket sama Lapangan Merdeka dan ada Museum & Mesjid gitu. Bangunannya lumayan menarik buat difoto. Terus dari sana kita jalan lagi buat naik bus ke Menara Petronas.

Di dalem GO KL, ketemu sama ngko-ngko yang ngasih tau arah ke kita, abis itu dy ngajak kita ngomong Inggris, terus tanya kita Chinese apa bukan. Terus dy tanya Kebo bisa ngomong Mandarin ga, Kebo bilang ga bisa. Eh dy ketawain gitu. Haha. Ga sopan. Mungkin bagi orang Malaysia, kalo keturunan Cina harus bisa ngomong Mandarin kali yak. Oh iya, sama kaya di SG juga, di KL tetep ketemu orang-orang yang langsung ngajak gw ngomong Mandarin tanpa tanya dulu gw bisa apa ga. Selamet masih ngerti dikit. #xiexielaoshi

Sampe di Petronas, kita kan pengen foto, tapi Kebo bilang entah kenapa saking tingginya dy ga pernah bisa foto di depan Petronas tapi keliatan sampe ujung paling atas. Lalu gw coba, dan ternyata benar! Alhasil ga ada satupun foto yang bagus di depannya haha. Padahal udah sampe nungging-nungging segala jepretnya. Terus kan kita masuk, diajak makan Sushi King sama Kebo. Murah loh, 20 RM udah makan banyak banget sampe kenyang gilak. Enak pulak.

ini difoto dari dalam bus loh, saking kinclong kacanya
Begitu jam menunjukkan pukul 6, dengan ogah kita terpaksa pulang ke airport. Sebenernya pesawat kita jam 10 malem haha, tapi perjalanan ke airport jauh, 2 jam sendiri padahal udah naik fast train. Pesawat Kebo kan jam 10.20 ke Surabaya, sedangkan gw ke Jakarta 10.45. Selama nunggu kita entah ngetawain apa aja, sampe terakhir ada pengumuman klo penerbangan Kebo delay 10 menit. Gw ngakak dan senang karena ga perlu nunggu sendirian. Terus gw bilang, “Ih, ntar gw ngetawain lo, ternyata punya gw delay juga lagi!” Eh bener, pas udah waktunya Kebo boarding, ada pengumuman klo gw delay 15 menit! Hah! Gw bisa liat Kebo ngetawain gw dari antriannya nun jauh disana! Hahaha.

Akhirnya penantian gw selesai juga, waktunya masuk pesawat dan gw tidur saking ngantuknya! Tapi gara-gara tidur 2 jam kuping gw jadi sakit. Hiks. Biasanya ga pernah sakit karena gw nguap terus. Anyway, jadi berakhirlah petualangan kali ini, sampai jumpa di petualangan selanjutnya!